Monkey Pucker Up Kissy
You Are Now A Rypolkazer. Follow me on Twitter @Devina_Kaulitz

Ballet

What's Ballet ?

Balet adalah nama dari salah satu teknik tarian. Karya tari yang dikoreografi menggunakan teknik.



Balet meliputi: tarian itu sendiri, mime, akting, dan musik
(baik musik orkestra ataupun nyanyian). Balet dapat ditampilkan sendiri atau
sebagai bagian dari sebuah opera. Balet terkenal dengan teknik virtuosonya
seperti 






plie






releve


a la seconde
Seperti kata plie, berarti merujuk pada teknik membengkokkan lutut pada kedua kaki dengan posisi sejajar dengan pinggang. Kata releve merupakan kata yang sering digunakan dalam tari ballet, merujuk pada teknik yang sering digunakan pula, yaitu berdiri pada ujung kaki. Biasanya dilakukan perlahan mulai dari meninggikan telapak kaki hingga berdiri di ujung kaki, yang dibantu oleh sepatu ballet. Kemudian ada pula a la seconde, yang berarti menaikkan salah satu kaki dengan tegak. 

 Teknik balet banyak yang mirip dengan teknik anggar, barangkali
karena keduanya mulai berkembang dalam periode yang sama, dan juga karena
keduanya membutuhkan teknik keseimbangan dan pergerakan yang mirip

Istilah ballo pertama kali digunakan oleh Domenico da Piacenza (dalam De Arte Saltandi et Choreas Ducendi), sehingga karyanya dikenal sebagai balleti atau balli yang kemudian menjadi ballet.

                         Diatas ini gambar dari : De Arte Saltandi et Choreas Ducendi



                              Ini nih, Rypolkazers! Si Domenico da Piacenza!! :D


 Istilah ballet itu sendiri dicetuskan oleh Balthasar de Beaujoyeulx dalam Ballet Comique de la Royne (1581) yang merupakan ballet comique (drama ballet).

Dibawah ini gambar nya Ballet Comique , Rypolkazers!! Masih dalam bentuk lukisan ya, maklum dulu belum ada kamera hehehe 



 Pada tahun yang sama,Fabritio Caroso menerbitkan Il Ballarino, yaitu panduan teknis mengenai menari balet, yang membuat Italia menjadi pusat utama berkembangnya tari balet.

Para Rypolkazers bisa lihat diatas gambar dari Fabritio Caroso!!
Terus.. di bawah ini gambar terbitannya :  Il Ballarino ! :D




Balet berakar pada acara pertemuan para ningrat Italia di masa pencerahan. Selanjutnya, balet dikembangkan dalam ballet de cour, yaitu dansa sosial yang dilakukan bersama musik, pidato, berpuisi, nyanyian, dekor, dan kostum oleh para ningrat Prancis. Balet kemudian berkembang sebagai bentukan seni tersendiri di Prancis pada masa pemerintahan raja Louise XIV yang sangat mencintai seni tari dan bertekad untuk memajukan kualitas seni tari pada masa itu
Ini nih , Rypolkazers! Raja yang punya kecintaan akan seni! Wajib Ditiru yaaa ! Hehehehe
Dan saking cintanya , Sang raja mendirikan Académie Royale de Danse pada tahun 1661, dan pada tahun yang sama, balet komedi karya Jean-Baptist Lully ditampilkan.
Dibawah ini gambar surat undangannya,Rypolkazers!
   
Nah di bawah ini gambar Theater nya!! WOW!
 Bentuk balet awal berupa sebuah seni panggung di mana adegan-adegannya berupa tarian. Lully lalu mendalami balet opera dan mendirikan sekolah untuk mendidik penari balet profesional yang berhubungan dengan Académie Royale de Musique. Di sekolah tersebut, sistem pendidikannya berdasarkan tata krama ningrat.


Abad ke-18 merupakan periode di mana standar teknis balet mnejadi sangat maju. Pada masa ini pula balet menjadi bentukan seni drama yang serius dan setara dengan opera. Kemajuan ini disebabkan oleh karya penting dari Jean-Georges Noverre yang berjudul Lettres sur la danse et les ballets (1760), yang merintis berkembangnya ballet d’action di mana penari diharuskan mengekspresikan karakter dan menampilkan narasi cerita. 

Dibawah ini gambar dari Jean-Georges Noverre! Para pemballet harus bangga sama Bapak Jean! Patut ditiru ya usahanya yang membuat ballet menjadi maju . Bahkan bisa terkenal sampai ke Indonesia . :D

Karya dari Jean adalah Lettres sur la danse et les ballets


Musik balet itu sendiri berkembang sangat pesat pada masa itu oleh komponis sepertiChristopher Gluck



Pada akhir masa itu, opera menjadi terbagi tiga teknik formal yaitusérieux, demi-caractère dan comique, dan balet turut menjadi bagian di dalam opera sebagai pengantar adegan yang diistilahkan sebagai divertissements.

Jadi gimana nih Rypolkazers?? Ada yang minat ga jadi pemballet? Jangan ditunda-tunda kalau memang mau hehe ddan yang sudah kesampaian jangan lupa dong Sejarah Ballet hehe dan tetap berlatih untuk mengharumkan nama bangsa yaaa!! 

Salam Rypolkazers!! Love.Hug.Kiss :)

Source    : http://wcathlinh.wordpress.com/2008/12/06/sejarah-ballet/

0 komentar:



Posting Komentar